SISILIA ALAPIN

(1.e4 c5 2.c3)

Secara garis besar, putih memiliki 2 jalur untuk menghadapi pertahanan sisilia: Terbuka dan tertutup.

Terbuka: 1. e4 c5 2.Kf3 … 3.d4. Dari sini bercabang lagi ke berbagai varian yang luar biasa luas. Dari 1 varian, dibagi lagi ke dalam sub varian yang juga tak kalah luas dan rumitnya. Sampai-sampai, setiap varian itu seakan merupakan suatu jenis pembukaan tersendiri, sehingga kita mengenal istilah Sisilia Najdorf, Sisilia Naga dst (bukan: Sisilia variant Najdorf, sisilia varian naga dst).

Najdorf, misalnya, bercabang jadi Poisoned Pawn (Bidak beracun), Polugayevsky, Fischer-Sozin Attack dst. Semua telah dibahas dalam buku tersendiri.

Sedemikian luasnya Sisilia golongan terbuka itu, sehingga pemain putih seringkali jadi mumet sendiri. Masalahnya, semua varian dalam Sisilia Terbuka itu, benar-benar sangat tangguh, rumit, tajam dan luas sekali. Tak ada 1 pecatur tingkat dunia, ataupun juara dunia, yang tidak pernah memakai sisilia sebagai senjata andalan utama.

Akan tetapi memang, orang memilih suatu jenis pembukaan, bukan karna hasil statistik atau kehebatan sebuah pembukaan atau pertahanan. Namun lebih karna faktor “rasa”, kecocokan, selera and the like. Alasan orang memilih suatu jenis pembukaan macam-macam.

Ada yang kurang nyaman dengan posisi yang berkembang sangat tajam, ada yang ¬†merasa sudah tidak punya waktu banyak lagi untuk mempelajari sekian ton lembar varian dan sub varian dalam sisilia terbuka, ada yang ingin fokus saja mempelajari SATU varian sebagai pemain putih, tapi varian tersebut sebisanya yang tanpa resiko, cenderung tenang, namun tetap memberi peluang dan inisiatif, sehalus dan sekecil apapun, varian yang tidak terlalu bercabang-cabang lagi secara luar biasa luas dan rumit, varian yang mudah diingat dan dipelajari….dst dst.

Untuk pemain putih jenis ini, mereka biasanya beralih ke sisilia tertutup (Rossolimo, Grand-Frix Attack, Classical, dst).

Dan di antara sisilia kelompok tertutup itu, salah 1 yang paling terkenal dan kuat adalah Sisilia Alapin (1.e4 c5 2.c3).

Timbul masalah. Pemain putih sudah bertekad untuk FOKUS mendalami Sisilia Alapin, tapi dia ingin yang benar-benar komplit, lengkap, serius, mendalam, rinci dan ditulis oleh pakar di bidangnya, oleh dewa sisilia, oleh GM dan pelatih super yang benar-benar telah menerapkan sisilia tersebut dalam kejuaraan-kejuaraan dunia tingkat super dengan hasil meyakinkan, sehingga pemain putih yang bersangkutan tidak perlu lagi menengok ke buku-buku lainnya lagi tentang sisilia Alapin, cukup FOKUS ke satu buku itu saja…..

Nah, masalah itu dibereskan secara tuntas dalam buku ini: THE COMPLETE C3 SICILIAN. Sebuah buku paling lengkap yang pernah ditulis orang tentang sisilia Alapin. Jauh lebih lengkap dari karya GM Muray Chandler dengan judul yang sama puluhan tahun lalu. Sesuai judulnya, buku setebal 570-an halaman ini paling lengkappp, komplittt, detail dan luar biasa menyangkut Sisilia Alapin.

Ditulis oleh GM sangat besar dan terkemuka, teoritikus yang dengan namanya salah 1 varian sisilia diberi nama (Sisilia Sveshnikov), mantan salah 1 sekondan dan pelatih Anatoly Karpov: GM Evgeny Sveshnikov!

Sebagai gambaran tentang keampuhan sisilia Alapin di tangan guru besar ini, dapat saya jelaskan sedikit:

GM Evgeny Sveshnikov telah menerapkan pembukaan ini sebanyak 14 kali melawan mantan juara dunia ke- 8, dewa catur dan taktikus agung, siapa lagi kalau bukan GM MIkhail TAL. Anda ingin tahu hasilnya?

Dalam 14 games itu (catur standar), sang guru besar menang dalam 4 partai, kalah 3 partai dan sisanya draw. Luar biasa, bukan?

Cara penyajian buku ini juga sangat hebat. Berisi ratusan contoh partai dengan penjelasan yang sangat rinci dan menarik, tiap sub varian dilengkapi dengan banyak latihan dengan mengambil diagram dari posisi-posisi kunci, tiap pasal juga menjelaskan secara menarik dan hidup tentang rencana, gagasan, konsep dan rahasia yang tersembunyi di balik sub varian yang dibahas.

Hmmm…sebuah senjata yang dirancang khusus untuk menaklukkan para raksasa.
(Yogya: 04 Juni 2017)
FB: Suharyanto Pelatih Catur

PAGE: Jogja Chess Shop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *