INFORMATOR: PEGANGAN WAJIB ATLET CATUR SEDUNIA

Kalau sekedar tahu dan pernah mendengar tentang INFORMATOR, tentu rata-rata pecatur memang pernah mendengar dan tahu tentang majalah berkala ini.  Namun kalau misalnya seseorang yang rajin menulis tentang catur tidak familiar dengan  pegangan wajib seluruh pecatur sedunia ini, tak urung saya terhenyak juga. Sama sekali tiada yang salah tentang hal itu, karna tidak ada – dan tidak harus – seorang penulis catur mengetahui seluruh hal-hal terkait dunia catur.


Namun hal tersebut mendorong saya untuk menulis semacam edukasi atau informasi yang agak komprehensip tentang buku atau majalah empat bulanan yang sangat penting ini. Karna fakta di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak para pecatur di luaran sana yang masih ingin memperoleh informasi yang lebih bisa dipercaya mengenai INFORMATOR yang selama ini hanya mereka dengar-dengar saja. Apalagi saat ini INFORMATOR  telah mengalami beberapa perubahan format penyajian di sana sini.


Sebelumnya saya perlu menekankan bahwa postingan panjang kali ini, bukan untuk para master ke atas yang sudah sangat familiar dengan Chess Informant  atau di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan INFORMATOR. Begitu juga, hampir dapat dipastikan bahwa rerata pecatur turnamen, ataupun pecinta buku seperti saya, sudah sangat familiar dengan INFORMATOR.


SAHOVSKI INFORMATOR (Belanda:  Schack Informator – Inggris: Chess Informant) pertama kali diterbitkan oleh penerbit dengan nama sama yaitu Sahovsky Informator pada tahun 1966 (babe elo pade belum lahir) di Belgrade – Serbia. Saat itu presiden direkturnya adalah – and still he is (dan sekarang masih) — GM Aleksandar Matanovic


Dan sebagai direkturnya  saat ini adalah FM Josip ASIK (asyik ya namanya) dengan pemimpin redaksi  GM Branco Tadik.


Hingga hampir 40 (empat puluh) tahun kemudian, INFORMATOR ini terbit setiap 1 semester alias 2 kali dalam setahun. Sampai akhirnya entah kenapa dan bagaimana (yang jelas tentu sudah dipertimbangkan dengan matang) format penyajian INFORMATOR mengadopsi  gaya majalah catur paling terkenal di dunia yang hingga kini masih eksis dengan gagah, yaitu NEW IN CHESS. 


Ada rubrik-rubrik khusus yang ditulis oleh para GM top, bahkan Kasparov pernah mengisi rubrik GERRY’S CHOICE (Informator 118). Ada laporan-laporan beberapa pertandingan penting, artikel-artikel sangat menarik, bahasan-bahasan teory terbaru, ending dll. Pokoknya gaya penyajian yang diadopsi dari NEW IN CHESS ini membuat INFORMATOR kini makin renyah dan semarak, tidak rigid seperti dahulu lagi.


Kemudian, seiring dengan makin canggihnya era komputer serta makin maraknya turnamen-turnamen internasioanal yang bertebaran di sana sini, maka INFORMATOR-pun menambah “jam tayang”-nya menjadi 3 kwartal alias 3 kali dalam setahun alias terbit tiap empat bulan, seperti NEW IN CHESS – majalah berbahasa Inggris yang terbit di Belanda itu. 


Lalu KENAPA Informator ini dianggap sebagai  pegangan wajib seluruh pecatur seantero dunia? Apa yang membuat para pecatur itu terus mencari dan menunggu-nunggu kehadirannya dan rela membeli copyannya sekalipun dengan harga mahal? (Tapi ini untuk sikon kita di Indonesia lho. Dan harga copyan itu jadi mahal bukan karna faktor ketebalan yang hanya 300-an halaman, tapi karna faktor kesulitan memperoleh file atau buku aslinya, khususnya untuk edisi yang masih FRESH seperti no 129 ini ). Apa sesungguhnya yang dicari dan diharapkan oleh para pecatur turnamen itu dari INFORMATOR?


Izinkan saya mencoba menjawab sebahagian keciiil saja di antara sebab-sebab itu ya (anda sudah mulai capai membaca? Apalagi saya yang mengetiknya dengan 1 jari telunjuk di HP kecil dan sering salah ketik pula!) :


1. Di setiap edisi terbitan INFORMATOR, selalu saja terdapat puluhan penemuan-penemuan langkah baru (Novelty). Ini sangat penting bagi pecatur turnamen yang sangat sering menghadapi lawan yang selama ini melakukan langkah atau pembukaan yang sama. 


Misalnya nih ya, dalam partai antara V Topalov vs  F Caruana (Moscow-2016). Dalam salah 1 ancang-ancang pembukaan Inggris dengan  urutan langkah: 1.c4 c5 2. Kf3 Kc6 3.d4 cd4 4. Kd4 Kf6 5. Kc3 e6 6.g3 Mb6 7. Kdb5 Ke5 8. Gf4 Kfg4 9.e3 a6 10. Ma4 Ba7!? 11.h3! …  selama ini sudah umum sekali jawaban hitam adalah: 11. … g5 di mana putih hanya unggul tipis. Tetapi di sini Caruana membalas dengaan langkah baru sama sekali: 11. … ab5! Kaget khan?!


2. Setiap terbit, INFORMATOR memuat partai-partai pilihan dari turnamen-turnamen Internasioanal yang penting sebagai bahan kajian dan pembelajaran bagi setiap pecatur turnamen khususnya, partai-partai paling FRESH dalam 4 bulan terakhir. Dan para pecatur yang serius untuk maju itu  ingin memperoleh banyak pelajaran dari partai-partai fresh tersebut.


3. Setelah penyajian yang mirip NEW IN CHESS yang agak mendominasi namun menarik itu berakhir sampai halaman 156, INFORMATOR melanjutkan memakai gaya aslinya, yaitu mengklasifikasi partai-partai terbaru itu ke dalam kelompok khas Informator (A, B, C, D dan E). Sehingga misalnya jika anda ingin mendalami partai-partai  pertahanan Prancis dan Pembukaan Ruy Lopez , dengan analisis rinci dengan kode-kode bahasa catur khas INFORMATOR itu, maka anda langsung saja loncat ke halaman kelompok C di halaman sekian.


Begitu juga, misalnya, bagi anda yang ingin menikmati partai-partai terbaru dalam pertahanan Sisilia, Caro-Kann, Alekhine dll, maka anda langsung buka kelompok B di halaman sekian. Begitu seterusnya.


4. Di bagian akhir, INFORMATOR selalu menyajikan latihan-latihan yang sangat penting dan menarik dalam tahap middle dan ending (ada di bab COMBINATIONS dan bab ENDINGS). Ingat, diagram-diagram latihan itu diambil dari partai-partai sesungguhnya dari edisi sebelumnya.


5. Plus latihan “Study”. Study adalah semacam problem yang dirancang secara khusus oleh ahlinya. Namun berbeda dengan problem yang kita kenal selama ini di mana bangunannya tidak realistis sama sekali namun mengandung unsur seni tinggi, study ini lebih realistis dan sangat mungkin terjadi, dan biasanya bangunannya sudah mengarah ke tahap ending.


Untuk jelasnya, sebagai contoh saja, perhatikan 3 diagram di bawah ini:


Diagram 1:


Salah 1 Latihan Kombinasi (halaman 294) yang diambil dari partai :


A Indic (2547) – I Khairullin (2629): Warszawa 2016.


Putih melangkah dan menang.

Diagram 2:


Salah 1 latihan ending (halaman 296), diambil dari partai antara:


Ali Marandi (2486) – I. Janik (2318): Celje – 2016.


Putih melangkah dan menang. Dalam partai sesungguhnya, putih melangkahkan: 1.ba5? sehingga partai berakhir draw. Jangan remehkan ilmu ending, sesederhana apapun nampaknya.

Diagram 3 (halaman 299):


Salah 1 latihan “Study” untuk melatih kalkulasi. Study ini adalah karya komposisi dari P. Krug, dan berhasil memperoleh hadiah pertama tahun 2014


Putih melangkah dan menang.


(Oya, tentu saja isi INFORMATOR tidak hanya 5 poin yang saya sebutkan di atas)

(Yogya: Sabtu, 3 Juni 2017)

FB: Suharyanto Pelatih Catur

Page: Jogja Chess Shop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *