EKSIKLOPEDI PARTAI MINI

Dalam era digital sekarang ini, jika orang menyebut tentang partai-partai mini, yakni partai catur yang berakhir singkat dan dramatis, maka ingatan kita akan melayang ke era abad lalu, bahkan ke zaman kuno ketika theory catur belum berkembang terutama dengan temuan program catur masa kini.

Namun jika kita membaca buku kamus partai mini ini, kita akan segera tahu bahwa anggapan tersebut keliru besar. Anda mau tahu siapa saja yang menjadi korban kehancuran dalam waktu singkat itu? Tak kurang-kurang dari para GM super seperti Gerry Kasparov, Vishy Anand, Vladimir Kramnik … untuk menyebut 3 saja di antaranya.

Sebelum memberi 3 contoh partai sebagai bukti dari pernyataan di atas, izinkan saya secara ringkas menulis tentang buku ENCYCLOPEDIA OF CHESS MINIATURES yang sangat menggetarkan ini terlebih dahulu.

Buku ini diterbitkan tahun 2015 oleh penerbit buku-buku catur terkenal, sekaligus sebagai penerbit buku periodikal yang merupakan pegangan wajib para atlit catur sedunia itu, yaitu: SAHOVSKY INFORMATOR. Penerbit Sahovsky Informator bermarkas di Beograd – Serbia.

Jika anda pernah membaca atau familiar dengan MCO (Modern Chess Opening) yang merupakan kitab sucinya para pemain catur itu, maka anda tentu akan tahu tentang analisa-analisa memakai kode-kode khusus yang akhirnya secara resmi dianggap sebagai “Bahasa Catur”, yang melampaui sekat-sekat bahasa asing resmi yang kita kenal selama ini. Sebuah bahasa yang hanya dimengerti oleh para pecatur seluruh dunia.

Nah, bahasa tersebut diciptakan oleh Sahovsky Informator ini. Dengan demikian, buku ini sangat cocok juga bagi yang masih kesulitan mempelajari buku-buku catur dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya.

Begitu pula, anda mungkin seringkali membaca nama-nama opening catur dengan kode-kode asing seperti B20, B35 (variant-variant dalam pertahanan Sisilia) maupun C41 (salah 1 jalur utama dalam pertahanan Philidor) dst, itu juga “designer”-nya adalah Penerbit kesohor ini.

Demikian juga dengan klasifikasi dalam 5 golongan pembukaan yang memakai kode A, B, C, D dan E itu, adalah Sahovsky Informator jua arsiteknya.

Well….well…. buku ENCYCLOPAEDIA OF CHESS MINIATURES ini adalah keluaran penerbit terkenal itu.

Buku ini berisi 1.636 partai mini yang diseleksi dengan telaten di antara 10.000-an partai mini antara tahun 1560 sampai dengan 2014 oleh GM Branko Tadic dan IM Goran Arsovic. Disusun sebagai pegangan agar pembaca yang mempelajari buku ini memperoleh semacam kompas sehingga tidak terperosok pada tragedi yang sama, yaitu mat secara singkas secara mengenaskan.

Pelajaran lainnya yang dapat dipetik dari buku ini adalah untuk mengingatkan kita bahwa bahkan seorang GM super sekalipun tak pernah luput dari kecerobohan konyol. Ini artinya, sikap super cermat dan FOKUS itu harus dan mutlak dimulai sejak awal permainan dimulai.

Berikut 3 contoh partai yang terdapat dalam buku ini, sengaja saya ambil contoh partai di mana korbannya adalah 3 GM super seperti saya sebutkan di awal tulisan ini.

Partai pertama antara GM Shaked – Kasparov. Dahsyatnya, partai ini berasal dari catur standar (bukan rapid ataupun blitz!) yang berlangsung dalam sebuah turnamen di Tilburg tahun 1997, di mana saat itu elo rating Gerry Kasparov adalah 2820 dan lawannya terpaut jauh di bawah dengan rating “hanya” 2500!

Shaked-Kasparov: Tilburg 1997

Gruenfeld Defence

1. d4 Kf6 2. c4 g6 3. Kc3 d5 4. cd5 Kd5 5. e4 Kc3 6. bc3 Gg7 7. Ge3 c5 8. Md2 Ma5 9. Bb1 b6 10. Gb5+ Gd7 11. Ge2 Gc6 12. Gd3 Kd7 13. Ke2 Bd8! 14. f3 [14. 0-0 cd4 15. Kd4 Ga4 16. Gb5 Gb5 17. Kb5 0-0 18. Bfd1 h5, posisi tidak menentu] 0-0 15. h4 h5 16. Gg5 Bfe8 17. Bc1 Gb7 18. d5 Ke5 19. Gb1?! ….

Sampai di sini, bahkan GM super genius dan Juara Duniapun belum sadar akan malapetaka yang terjadi. Sebaiknya [19. 0-0 Kd3 20. Md3 Ga6 21. c4 dengan serangan balik. Namun hitam akan lebih bagus kalau 19. … Bd7! dengan tujuan … e6]

19. … Kc4.

Perhatikan diagram ke 1:

Gerry Kasparov tidak menyadari bahaya maut ketika melakukan 20. Mf4??, dan langkah hitam berikut membuatnya menyerah, yaitu: 20. … Ge5. Menteri putih terperangkap.

Adapun contoh partai ke- 2 dan 3, akan kita lanjutkan dalam post yang akan datang. Maklum ini kan masih postingan percobaan, masih gaptek dan banyak hal-hal teknis IT yang saya belum mengerti.


(Yogya: 01 Juni 2017)


FB: Suharyanto Pelatih Catur

PAGE: Jogja Chess Shop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *