BASIC CHESS ENDING: SEBUAH MAHA KARYA PALING KLASIK

Dalam samudera luas literatur catur, ada banyak buku telah ditulis orang tentang permainan babak akhir. Dan di antara yang banyak itu, ada beberapa yang benar-benar dapat dianggap sebagai buku klasik. Dan satu di antara beberapa itu, yang paling klasik adalah BASIC CHESS ENDINGS.

Di Kejurnas Makasar tahun 2014, saya agak terkejut ketika Bung Hendry Jamal’s mengucapkan suatu kalimat yang justru secara kebetulan sudah lama bergaung dalam benak saya:
“Ini yaaa…. !!!” sambil tangan kanannya menunjuk-nunjuk dengan keras buku sangat tebal yang dipegang oleh tangan kirinya, “…adalah kitab suci-nya permainan akhir !”. Menurut hemat saya, Sang Mentor dalam Workshop Pelatih ini tidak sedang mengada-ada.

Bahkan GM YURY AVERBAKH yang ikut memberi kata pengantar terhadap buku ini — di antara yang lain-lain juga — menulis: “Tidaklah berlebihan kalau saya katakan bahwa inilah buku pertama yang PALING SISTEMATIS tentang permainan babak akhir”

Lebih jauh, Sang Grandmaster melanjutkan: “Dan bukan suatu kebetulan kalau para pecatur dari generasi ke generasi memiliki buku ini, tidak hanya di negeri-negeri yang berbahasa Inggris. MIKHAEL BOTWINNIK, misalnya, menganggap buku ini adalah BUKU TERBAIK DI BIDANGNYA. Dan riset-riset yang saya lakukan selama ini di bidang babak akhir, banyak didasarkan atas buku ini”

Buku paling klasik karya GM RUBEN FINE (1914-1993) setebal 588 halaman ini memang hebat dan paling saya rekomendasikan. 
Sungguh janggal kalau pecatur-pecatur muda khususnya, atau siapa saja yang benar-benar serius untuk meningkatkan skill maupun ilmu caturnya, tidak memiliki dan mempelajari buku ini dengan sungguh-sungguh. 

Untuk melengkapi, baiklah saya ungkapkan juga pendapat para Grandmaster lainnya di era modern ini, cukup dua saja ya:

“BASIC CHESS ENDINGS merupakan sebuah MAHA KARYA SEJATI…,” kata GM Susan Polgar. Lalu, Penulis dan pelatih BRUCE PAUDOLFINI menambahkan: ” Sebuah buku permainan akhir yang paling dibutuhkan…”.

Para sobat tentu pernah dengar juga kan, tentang “20 ATURAN EMAS PERMAINAN BABAK AKHIR”? Nah, itu sumbernya dari apa yang telah disaripatikan dari buku ini. 
Sebetulnya, GM RUBEN FINE dalam karya yang beliau tulis tahun 1941 ini merumuskan 15 aturan emas. Namun dalam EDISI YANG DIPERLUAS ini GM PAL BENKO menambahkan lagi dengan 5 aturan emas. Maka jadilah apa yang sering kita dengar sebagai “20 GOLDEN RULES FOR THE ENDGAME”

Saya juga tidak hanya sedang melakukan aksi promosi kalau mengatakan bahwa sungguh beruntung bagi pecatur yang memiliki buku maha karya sejati edisi 2003 ini. Kenapa?

Edisi ini adalah edisi yang banyak memperoleh tambahan materi baru dari GM Pal Benko. Edisi revisi dan Edisi yang diperluas. Karna memang tidak ada suatu analisa yang mutlak kebenarannya, walaupun itu di babak akhir.

Edisi ini, tidak sebagaimana edisi sebelumnya yang memakai notasi Inggris, sudah mulai memakai notasi aljabar. Ini perlu, karna tidak semua pecatur masa kini yang merasa nyaman dan familiar dengan notasi Inggris.

Terakhir, izinkan saya menutup postingan ini dengan sebuah kisah yang sangat mengharukan dari Grandmaster YURY AVERBAKH:

“Di awal tahun 1990-an, saya memberikan sebuah eksebisi di Manhattan Chess Club – New York City. Itulah kali terakhir perjumpaan saya dengan Ruben Fine. Dia sudah nampak menua dan rambutnyapun mulai berwarna kelabu. 
Sesungguhnyalah, kami tidak pernah bersua lagi sejak sekitar setengah abad yang lalu (Note: sebelum yang terakhir ini, mereka bertemu pada tahun 1954 di New York juga, saat dilangsungkannya duel antara regu US vs USSR – Pen). Selama perbincangan kami, saya sempat bertanya tidakkah beliau berniat untuk menyiapkan edisi baru untuk BASIC CHESS ENDINGS”

‘Ya. Itu justru merupakan impian saya,’ jawab beliau, ‘tapi saya tidak tahu apakah saya punya cukup banyak waktu.’

Saya ingin mengucapkan selamat kepada penerbit Mc Kay Chess Library yang telah berhasil mewujudkan impian GM RUBEN FINE” Demikian antara lain cerita GM YURY AVERBACH dalam kata pengantar buku ini.

Sekali lagi, saya bicara tentang BCE edisi Revisi dan Edisi yang diperluas, edisi 2003. Bukan karya 2 anak muda German yang pernah Runner-Up di Negaranya itu, yang kau upload dengan gagah COVER-nya itu, yang kau comot dari applikasi amazon itu. Itu terbitan tahun 2001, bro!

WA.    : 0878-3849-3124

PAGE : Jogja Chess Shop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *